Tips Memilih Nama Domain yang Berkualitas

Tips Memilih Nama Domain yang Berkualitas – Dalam membangun sebuah bisnis, nama sebuah brand produk menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Sama halnya dengan nama domain, layaknya sebuah produk yang sangat melekat dengan nama merknya, di internetpun nama domain perlu dipertimbangkan secara matang, dikarenakan hal tersebutlah yang akan menjadi identitas kita di dunia maya.

Nama domain tersebutlah yang akan menjadi layaknya nama bisnis kita di internet, sehingga pemilihan nama domain tidak bisa dilakukan secara asal, tentunya yang mudah diingat dan sesuai dengan bisnis yang kita jalani.

Berikut beberapa cara memilih nama domain yang dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih dan menentukan identitas anda di internet, diantaranya:

  • Gunakan nama yang unik, mudah diingat, brand-able, sehingga memudahkan anda dalam hal branding di internet. Gunakanlah nama yang eye-catchy, yang jarang digunakan namun tetap sesuai dengan bisnis yang anda miliki.
  • Pastikan nama domain yang anda miliki sifatnya tidak terlalu panjang dan mudah untuk diketik. Bila anda menggunakan nama domain yang sulit, kemungkinan orang akan salah mengetik saat berniat mengunjungi situs yang anda miliki atau bahkan lupa dan tidak ingat keesokan harinya. Padahal mungkin saja banyak informasi yang berguna dari situs anda, namun dikarenakan nama domain yang sulit diingat tak banyak yang kembali berkunjung ke website anda.
  • Banyak lakukan research. Pastikan nama yang anda gunakan belum pernah dipakai oleh merk, perusahaan, copyright milik orang lain. Bila anda menggunakannya, tentu bisa saja akan muncul masalah legal dalam perkembangan bisnis anda kedepannya. Pastikan bahwa nama yang anda pilih masih tersedia untuk bisa digunakan, dibandingkan anda harus mengubah nama yang anda gunakan dikemudian hari karena adanya masalah legal dan lainnya. Cek pula dalam media sosial, apakah ada merk dagang yang menggunakan nama yang sedang anda pertimbangkan.
  • Sebaiknya hindari penggunaan nama domain dengan menggunakan angka atau karakter lainnya selain huruf.
  • Penggunaan ekstension yang tepat juga akan membuat nama domain anda lebih berkualitas, misalnya saja extension ‘.co’ lebih cocok digunakan bila bisnis anda merupakan sebuah komunitas, perusahaan, dan penggunaan’.net’ lebih sesuai bila anda bergerak dalam bidang teknologi atau internet, dan lain sebagainya.

Baca : Pengertian dan Fungsi PBN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *