Politik Luar Negeri adalah..

Pengertian Politik Luar Negeri yaitu suatu arah kebijakan suatu negara untuk mengatur hubungan dengan negara lain dengan tujuan untuk kepentingan nasional negara tersebut dalam lingkup dunia internasional. Politik luar negeri adalah bagian dari strategi politik nasional suatu negara yang berbeda dengan politik luar negeri negara lain.

Secara umum, politik luar negeri (foreign policy) adalah strategi suatu negara dalam berhubungan dengan negara lain berdasarkan nilai, sikap, arah serta sasaran untuk kepentingan nasional negara tersebut di dalam percaturan dunia internasional.  Oleh karena itu, setiap negara memiliki kebijakan politik luar negeri sendiri tergantung pada tujuan nasional negara.

Dasar Kebijakan Politik Luar Negeri

Kebijakan politik luar negeri diakibatkan oleh faktor dalam negeri dan faktor luar negeri. Bagaimanapun juga, politik luar negeri adalah cerminan dari keinginan dan aspirasi seluruh rakyat suatu negara yang harus diperjuangkan oleh pemerintahnya di dunia internasional dalam upaya menentukan keterlibatan negara di dalam kancah politik internasional.

Faktor dasar yang mempengaruhi kebijakan politik luar negeri, yaitu:

Faktor Dalam Negeri 

Faktor dalam negeri yang mempengaruhi kebijakan politik luar negeri bermacam-macam. Misalnya, sistem pemerintahan, keadaan wilayah, tujuan nasional negara, kepentingan negara dan ideologi bangsa. Di samping itu, sering terjadinya pergantian pemimpin pemerintahan juga memberi dampak kebijakan politik luar negeri. Setiap pemimpin pemerintahan memiliki kebijakan sendiri terhadap politik luar negeri.

Faktor Luar Negeri

Faktor luar negeri memiliki pengaruh yang kuat terhadap kebijakan politik luar negeri suatu negara. Globalisasi memudahkan hubungan negara satu dengan negara lain. Adanya perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi yang pesat, memudahkan kita mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di negara lain. Dengan globalisasi, setiap negara dituntut melakukan hubungan dengan negara lain. Hubungan yang dilakukan antarnegara tidak lepas dari kepentingan negara masing-masing. Kepentingan negara ini akan memberi dampak pada kebijakan luar negeri negara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *