Perbedaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila

Perbedaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila – Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang bersanding dengan Undang-undang Dasar 1945. Sebelum terbentuknya Pancasila, terdapat panitia yang menangani pembentukan dasar negara tersebut. Panitia tersebut dinamakan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Setelah diadakannya deklarasi kemerdekaan, BPUPKI berubah menjadi PPKI.

Pengertian Hari Lahir Pancasila

Hari lahirnya pancasila diperingati pada setiap tanggal 1 Juni. Penetapan tanggal tersebut tidak terlepas dari sejarah yang melatarbelakanginya. Lahirnya pancasila merupakan hasil musyawarah dari pejuang-pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada tanggal 29 Mei, BPUPKI menggelar sidang pertama hingga tanggal 1 Juni 1945. Rapat tersebut membahas tentang dasar negara Indonesia yang diadakan di gedung Chuo Sangi In, Pejambon 6 Jakarta. Pada masa kolonial Belanda, gedung tersebut dijadikan sebagai gedung perwakilan rakyat atau Volksraad.  Saat ini, Chuo Sangi In tersebut dinamakan dengan Gedung Pancasila.

Dalam memikirkan rumusan dasar negara tersebut, Soekarno mencetuskan butir-butir Pancasila dikutip dari Piagam Jakarta. Sebelumnya, usulan demi usulan berdatangan dari berbagai pihak yang menghadiri rapat tersebut. Hingga pada akhirnya, rumusan pancasila atas usulan Soekarno disetujui lalu dibentuklah Panitia Sembilan.

Kesembilan panitia tersebut adalah Soekarno, Mohammad Hatta, Abdul Kahar Muzakir, Abikoesno Tjokrosoejoso, AA Maramis, Achmad Soebardjo, Agus Salim, Mohammad Yamin, dan Wahid Hasjim. Tugas sembilan panitia ini adalah merapikan kembali rumusan pancasila.

Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengumumkan butir-butir Pancasila di mana butir-butir tersebut juga tertuang dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Pengertian Hari Kesaktian Pancasila

Hari kesaktian Pancasila dicetuskan pada tanggal 1 Oktober 1965. Sehingga, pada setiap tanggal tersebut diperingati sebagai hari kesaktian pancasila. Hari bersejarah ini dilatarbelakangi oleh terjadinya peristiwa Gerakan 30 September atau Partai Komunis Indonesia.

Meskipun hal tersebut memang nyata terjadi, insiden G30S/PKI masih diperdebatkan tentang latarbelakang terjadinya dan pelaku di balik kejadian tersebut. Hal yang paling nyata saat itu adalah di mana insiden tersebut berusaha untuk mengubah ideologi negara Indonesia menjadi komunis dengan meniadakan pancasila.

Perbedaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila

Perbedaan kedua hari bersejarah bagi rakyat Indonesia ini adalah waktu penetapannya. Hari lahir Pancasila diperingati pada setiap tanggal 1 Juni. Sedangkan Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *