Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Madu

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Madu – Yang dimaksudkan dengan tanaman jambu madu adalah salah satu tumbuh – tumbuhan yang termasuk ke dalam suku jambu – jambuan atau myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara lalu mengalami persebaran ke berbagai pulau – pulau di Pasifik.

Tanaman ini banyak sekali memiliki spesies yang akan menelurkan buah – buahan yang secara garis besar hanya terdapat dua spesies jambu madu yang terkenal yaitu jambu madu kecil / syzygium aquaeum dan jambu madu besar / syztgium samarangense.

Mengenal Klasifikasi Tanaman Jambu Madu

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Rosidae
  • Ordo : Myrtales
  • Famili : Myrtaceae
  • Genus : Syzygium
  • Spesies : Syzygium Aqueum

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sukun

Mengenal Morfologi Tanaman Jambu Madu

Adapun morfologi jambu air bisa dilihat berdasarkan atas bagian – bagian yang terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.

1/Akar / radix tanaman jambu madu

Tanaman jambu madu mempunyai akar yang bersifat akar tunggang atau disebut dengan akar radik primaria yang mana perakaran yang dimaksudkan memiliki percabangan yang berukuran relatif kecil dan merupakan bagian dari akar tunggang yang dimaksudkan.

2/Batang (caulis) tanaman

Batang – batang pada tanaman jambu madu merupakan batang berkayu kokoh yang memiliki struktur keras dan kuat namun tekstur kasar berwarna kecoklatan (terdapat bercak – bercak coklat). Batang bersangkutan tumbuh dengan tegak hingga mencapai ketinggian berkisar antara 3 s/d 10 m atau bahkan lebih.

3/Daun / folium tanaman

Daun pada tanaman jambu adalah memiliki sifat / jenis daun tunggal yang posisinya berhadapan dan bertangkai. Panjang daun tanaman jambu madu berkisar antara 15 s/d 20 cm dengan lebar antara 4 s/d 6 cm atau lebih dengan sistem pertulangan menyirip dan berwarna hijau. Pada bagian ujung daun tumpul, dan bagian pangkal bulat selain itu permukaan daun sebagian besar mengkilap.

4/Bunga tanaman jambu madu

Bunga tanaman jambu adalah bunga yang bersifat majemuk, yang mana karangan bunga berbentuk malai serta memiliki bunga berwarna kuning keputihan. Bunga tanaman jambu air terletak di ketiak daun dengan bagian kelopaknya berbentuk corong. Memiliki benang sari yang berukuran antara 3 s/d 3,5 cm berwarna putih dan terdapat lebih dari 20 benang sari dengan ukuran putik masing – masing sekitar 4 s/d 5 cm berwarna hijau pucat. Bunga tanaman jambu air disebut dengan bunga lengkap.

5/Buah pada tanaman jambu madu

Buah pada tanaman jambu madu berbentuk lonceng kerucut atau berbentuk membulat ke atas berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna kemerahan ketika sudah matang di pohon. Biji tanaman jambu air berbentuk seperti ginjal berwarna putih hingga kecoklatan dengan diameter antara 1 s/d 1,5 cm dan memiliki selaput berwarna putih.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman jambu madu, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *