Pengertian Wacana adalah

Pengertian Wacana adalah – Pada kesempatan ini penulis akan membahas definisi wacana, jenis dan bentuk wacana, di bawah ini anda dapat pelajari bersama.

Wacana adalah serangkaian kalimat yang saling terkait satu sama lain dan menghubungkan proposisi dengan yang lain dalam penyatuan makna semantik antara bagian-bagian dalam struktur bahasa. Wacana juga merupakan unit bahasa yang lengkap dan sangat lengkap karena setiap bagian dari wacana, saling terkait.

Wacana menempati hirarki tertinggi di tingkat bahasa karena merupakan unit tata bahasa tertinggi dan terbesar. Dan wacananya juga bisa dalam bentuk kata-kata, kalimat, paragraf atau esai yang sangat lengkap dan luas, seperti artikel atau buku. Kata-kata yang sering digunakan dalam wacana berpotensi menjadi kalimat, bukan kata-kata yang tidak sesuai konteks. Wacana sangat tergantung pada integritas dan keaslian elemen makna dan konteks yang melengkapinya.

Jenis bentuk wacana.

Berikut 5 jenis wacana, antara lain:

  1. Narasi

Narasi adalah serangkaian cerita berdasarkan urutan acara atau peristiwa. Narasi mengambil bentuk narasi imajinatif seseorang dan narasi ekspositori. Unsur-unsur narasi adalah karakter, plot, peristiwa, konflik dan panggung, serta waktu, atmosfer dan tempat.

  1. Pameran

Eksposisi adalah esai yang menjelaskan dan menjelaskan esai secara rinci untuk memberikan informasi atau memperluas pengetahuan dan pengetahuan bagi pembaca. Esai eksposur digunakan untuk makalah ilmiah, seperti seminar, simposium, dokumen, artikel ilmiah atau pembaruan.

  1. Argumen

Argumen adalah esai yang berisi pendapat ahli atau pakar, sikap atau evaluasi sesuatu disertai dengan bukti, alasan dan pernyataan yang dapat diterima secara logis. Argumen ini bertujuan untuk memastikan bahwa itu benar atau salah.

  1. Deskripsi

Deskripsi adalah esai yang menggambarkan objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan dan pengalaman penulis.

Contoh wacana singkat:

Terima kasih Keran Air Mematikan.

Contoh wacana panjang:

Dijual, saya sangat membutuhkan uang tunai segera. Ruko, tanah 20 x 20 meter persegi dan luas. Bukan melalui perantara. Minat silakan hubungi 0821 6765 6765.

Nah, itulah definisi wacana, jenis dan bentuk wacana, tentunya ulasan di atas dapat menjadi referensi anda dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *