Pengertian Sintetis Protein

Pengertian Sintetis Protein – Masih ingatkah dengan pelajaran yang satu ini yaitu sintesis protein,apa itu sintesis protein? simaklah ulasan sintesis protein berikut ini.

Sintesis protein yaitu proses pembentukan partikel protein dalam bahasan biologi molekuler yang di dalam nya melibatkan sintesis RNA yang di pengaruhi oleh DNA. Dalam proses sintesis protein, molekul DNA adalah sumber pengkodean asam nukleat untuk menjadi asam amino Yang menyusun protein tetapi tidak terlibat secara langsung dalam prosesnya.

Molekul DNA pada suatu sel di transkripsi menjadi molekul RNA ialah yang terlibat secara langsung dalam proses sintesis protein. Hubungan antar molekul DNA, RNA, dan Asam amino dalm proses pembentukan protein di kenal dengan istilah dogma central biologi yang di jabarkan dengan rangkaian proses DNA membuat DNA dan RNA, membuat protein yang di nyatakan dalam persamaan DNA>RNA>Protein.

Secara umum, proses sintesis protein terbagi menjadi 3 tahapan sebagai berikut :

1. Tahap Replikasi DNA

Pada tiap sel yang terdapat pada makhluk hidup tentunya akan mengalami pembelahan sel, dimana biasanya pembelahan sel ini dapat terbagi berdasarkan kelipatannya, contohnya disini adalah pembelahan 4 sel menjadi 8 sel

Akan tetapi, sebelum sel tersebut melakukan proses pembelahan, terdapat proses penggandaan komponen yang terdapat dalam sel, salah satunya adalah DNA. Penggandaan DNA inilah yang kemudian disebut sebagai replikasi.

2. Tahap Transkripsi

Tahap transkripsi adalah tahapan dimana DNA akan membentuk RNA dengan menguraikan kode genetik yang berasal dari DNA. Pada tahap ini akan menghasilkan 3 jenis RNA, yaitu:

  • mRNA
  • tRNA
  • RNA

Tahap ini dapat berlangsung di dalam sitoplasma dengan diawali proses pembukaan rantai ganda yang dimiliki oleh DNA dengan bantuan enzim RNA polimerase.

3. Tahap Translasi

Translasi adalah proses menerjemahkan kode kodon yang berasal dari RNA m untuk menjadi asam amino yang nantinya akan membentuk protein. Masing-masing urutan dari basa nitrogen yang berbeda nantinya akan diterjemahkan menjadi asam amino yang berbeda pula.

Contohnya disini adalah asam amino fenilalanin yang merupakan terjemahan dari kodon UUU (3 basa urasil), asam amino glisin (CGC), asam amino serin (UCA) dan asam amino triptofan (UGG).itulah beberapa penjelasan mengenai sintesis protein semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat utuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *