Pengertian Rakyat

Pengertian Rakyat – Kata rakyat berasal dari Bahasa Inggris yakni peoples adalah bagian dari suatu negara atau elemen penting dari suatu pemerintahan.

Rakyat adalah bagian pokok dari suatu negara maupun pemerintahan, dengan kata lain bahwa rakyat merupakan elemen penting dari suatu pemerintahan yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki ideologi yang sama dan menetap (tinggal) didaerah atau pemerintahan yang sama serta memiliki hak dan kewajiban yang sama yakni untuk membela negara apabila diperlukan.

Seseorang akan dikatakan sebagai rakyat dari suatu negara apabila telah disahkan oleh negara yang ditempatinya atau ditinggalinya dan sudah memenuhi berbagai syarat-syarat yang telah ditetapkan sebagai rakyat atau warga negara.

Rakyat adalah seluruh orang yang berada pada suatu wilayah Negara dan taat pada kekuasaan pemerintahan tersebut. Rakyat sendiri dibagi menjadi: penduduk dan bukan penduduk/ orang asing yang tinggal di Negara tersebut.

Penduduk adalah orang yang tinggal atau menetap disuatu daerah atau disuatu wilayah, sehingga akan dikatakan sebagai seorang penduduk yang berhak tinggal pada suatu daerah atau wilayah apabila, seseorang tersebut sudah memenuhi berbagai syarat-syarat dan memiliki surat resmi yang telah ditetapkan. Penduduk di wilayah Negara bisa dibagi menjadi 2 yaitu: warga Negara dan bukan warga Negara/ orang asing.

Berikut ini adalah kriteria/ ketentuan yang dipakai untuk menentukan siapa yang menjadi warga Negara di suatu Negara:

  1. Asas Keturunana atau yang disebut ius sanguinis.
  2. Asas tempat kelahiran atau disebut ius soli.

Dengan adanya asas ius sanguinis dan ius soli untuk menentukan kewarganegaraan maka melahirkan apartide (tanpa kewarganegaraan) dan bipartide (mempunyai 2 kewarganegaraan).

Untuk menghindari terjadinya apartide dan bipartide maka dikenal adanya dua stelsel yaitu:

  1. Stelsel pasif dengan hak repudiasi (hak untuk menolak suatu kewarganegaraan).
  2. Stelsel aktif dengan hak Opsie (hak untuk memilih suatu kewarganegaraan).

Dari pengertian rakyat dan pengertian penduduk yang telah disebutkan diatas maka, dapat didefinisikan bahwa seseorang dikatakan sebagai rakyat jika sudah disahkan oleh negara yang ditinggalinya dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh negara tersebut.

Sedangkan seseorang dikatakan sebagai penduduk jika sudah disahkan oleh daerah atau wilayah yang ditinggalinya tersebut serta memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan pada daerah atau wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *