Pengertian, Manfaat, dan Peran Aqidah

Pengertian, Manfaat, dan Peran Aqidah – Secara umum, Aqidah adalah sebuah kumpulan atau kepercayaan pada diri seseorang kepada apa yang di imaninya.

Dalam islam, Aqidah mencangkup keimanan terhadap Allah SWT danĀ  sifat-sifatnya. Namun secara bahasa, Aqidah dapat dijelaskan sebagai kumpulan atau kepastian. Sementara itu, secara istilah Aqidah merupakan suatu keimanan yang kuat kepada suatu dzat tanpa adanya sedikit keraguan.

Sementara secara istilah, Aqidah yaitu hal-hal yang harus dibenarkan dengan keyakinan dan tanpa adanya keraguan karena hal tersebut akan membuat hati serta jiwa kita menjadi tentram. Sehingga membuat sesuatu kenyataan yang kokoh dan teguh, yang tidak teraduk oleh kebimbingan dan keraguan.

Atau dapat dijelaskan, keimanan yang kuat tidak akan adanya ke bimbingan apapun pada seseorang yang mempercayainya. Dan juga wajib sama dengan kenyataannya, seperti; seseorang yang mempercayai-Nya tanpa ada keraguan atau prasangka buruk. Jikalau sesuatu tersebut tidak mencapai pada kepercayaan serta keyakinan yang pasti, maka hal tersebut tidak akan disebut sebagai Aqidah.

Adapun manfaat Aqidah, yaitu:

  1. Menemukan ketenangan dalam menjalani hidup.
  2. Supaya setiap perlakuan, sikap, sifat, serta ucapan seseorang itu berpegang kuat pada keyakinan Tauhid.
  3. Mendapatkan kemudahan dalam menjalani hidup yang telah dijamin oleh Allah SWT. kepada orang-orang yang ber-Aqidah.
  4. Memperbaiki kualitas dalam ibadah pada Allah SWT. Karena Aqidah salah satu peranan penting bagi umat muslim untuk menjaga kesuciannya.
  5. Mempermudah umatnya dalam menghadapi sakaratul maut, mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. dan mempermudah umatnya dalam proses perhitungan kebaikan dan amal sholeh, serta dalam menyebrangi siratal mustaqim sehingga disetujui untuk memasuki surganya Allah SWT.

Begitu pun juga dengan peran, Aqidah memiliki peran sebagia berikut:

  1. Memperkenalkan setiap umat-Nya tentang Aqidah yang benar melaui sumber-sumber yang suci dan bersih.
  2. Menciptakan setiap umat-Nya dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT.
  3. Memegang kuat dan teguh pada Aqidah yang benar ialah keharusan kita sebagai manusia muslim seumur hidupnya.
  4. Memperbaiki kembali peran Aqidah dalam membangun umat muslim supaya Aqidah tersebut masuk ke dalam sanubarinya, berbentuk sebuah iman yang kuat, perilaku yang baik dan moral yang teruji dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *