Pengertian Filsafat Adalah

Pengertian Filsafat Adalah – Apa filosofi (filsafat)? Pemahaman filsafat adalah ilmu yang menggunakan logika, metode dan sistem untuk mengevaluasi masalah umum dan mendasar mengenai berbagai topik, seperti; pengetahuan, kecerdasan, pikiran, jiwa dan kemampuan bahasa.

Tetapi yang lain berpendapat bahwa makna filsafat adalah kebijaksanaan menjadi (filsafat) untuk memberikan gambaran kehidupan atas dasar refleksi pada pengalaman hidup dan pengalaman ilmiah. Dengan kata lain, filsafat tidak ada percobaan atau trial, namun mengatakan masalah yang tepat, mencari solusi, dan untuk memberikan argumen dalam larutan.

Secara etimologis, penggunaan  istilah “filsafat” berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia dan philoshophos. Philo yaitu cinta, sementara Shopia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan dan kebijaksanaan. Jadi dalam hal ini, definisi filsafat adalah gagasan yang penuh kebijaksanaan, pengetahuan dan kebijaksanaan.

Karakteristik filsafat

Adapun ciri-ciri pemikiran filsafat itu adalah sebagai berikut:

  1. bentuk karakteristik yang universal

bisa dikatakan memang jika sebuah filsafat cenderung akan memiliki sifat universal (umum) dan tidak mengacu pada objek tertentu. Misalnya, memikirkan manusia, rasa keadilan, kebebasan, dan lain sebagainya.

  1. Tidak ada fakta-fakta

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan tidak faktual ialah sesuatu yang spekulatif untuk membuat beberapa asumsi yang masuk akal dari suatu hal, tapi tanpa bukti karena melebihi batas fakta-fakta ilmiah.

  1. Berurusan dengan Nilai

Gagasan filsafat adalah upaya manusia untuk kemudian mencari ilmu, yang dikenal sebagai penilaian dibuat. Dalam hal ini, penilaian-penilaian yang dimaksudkan adalah sesuatu yang baik dan buruk, moral dan tidak bermoral, yang akhirnya menjadi filosofi bisnis untuk mempertahankan nilai-nilai.

  1. Terhubung dengan Arti

Segala hal yang memiliki nilai pasti memiliki arti. Itulah sebabnya filsuf membuat kalimat logis dan bahasa yang benar (ilmiah) sehingga ide-ide sarat dengan makna.

  1. Implikatif

Dia berpikir filsafat selalu terkandung implikasi (sebagai hasilnya), jadi saya harap Anda bisa melahirkan ide-ide baru dan mendorong dinamika intelektual.

Baca : Pengertian Konjungsi

Tujuan filsafat

Keberadaan filsafat tentunya bisa membantu masalah manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Hal ini mengacu pada pengertian filsafat untuk tujuan filsafat adalah sebagai berikut:

  1. Manusia menjadi lebih berpendidikan dan memiliki pengetahuan, dan mampu menilai hal obyektif.
  2. Untuk manusia menjadi lebih bijaksana dalam menjalani hidup Anda.
  3. Agar manusia untuk memiliki visi yang luas dan menghindari sifat egois.
  4. Bagi orang-orang untuk berpikir sendiri, mereka memiliki pendapat mereka sendiri, mandiri secara rohani, dan dapat menjadi kritis.
  5. Agar dijiwai dengan unsur-unsur pengetahuan baru untuk memahami asal-usul, sifat dan tujuan dari ilmu pengetahuan.
  6. Untuk memahami sejarah manusia untuk pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan pengetahuan di berbagai bidang.
  7. Untuk guru dan siswa memiliki pedoman dalam mempelajari ilmu pengetahuan, terutama untuk membedakan luas ilmiah dan tidak ilmiah.
  8. Bagi para ilmuwan didorong untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Dengan demikian penjelasan singkat tentang pengertian filsafat, semoga bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga : Pengertian Benda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *