Pengertian Fatamorgana

Pengertian FatamorganaFatamorgana, kata ini sering terdengar di dalam bait-bait puisi ataupun kata-kata mutiara. Apa sebenarnya makna dari kata fatamorgana? Berikut ulasannya.

Menurut KBBI fatamorgana ialah sesuatu yang bersifat khayal dan tidak nyata. Adapun sejarah tentang kata fatamorgana adalah ketika Raja Arthur menjadi pemimpin suatu Negara, terdapat seorang penyihir yang bernama Morgana Le Fay atau Faye Le Morgana, di versi lain mengatakan bahawa penyihir ini adalah saudara dari Raja Arthur.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Konflik

Disebutkan disuatu kisah bahwa Morgana adalah seorang penyihir yang bisa menciptakan sebuah bayangan istana di selat Messina untuk menarik perhatian dari para pelaut.

Siapapun yang ingin mengetahui keberadaan dari istana itu maka kehidupannya akan berakhir tragis. Karena sebenarnya istana tersebut tidaklah nyata, hanya sebuah ilusi atau tipuan optic yang serupa disebut dengan istilah Fatamorgana.

Fatamorgana terjadi jikalau kepadatan udara disebuah tempat berbeda sehingga pembiasan cahaya dibengkokkan secara langsung saat mereka melewati lapisan udara dengan suhu yang berbeda dalam proses pembalikan panas yang kuat.

Pada umumnya kondisi atmosfer dalam keadaan normal adalah dimana udara yang lebih hangat berada diatas lapisan udara dingin. Pembalikan panas ini adalah kebalikan dari kondisi normal tersebut dimana udara hangat muncul dibawah permukaan udara dingin.

Contoh sederhana fatamorgana yang sering kita lihat tanpa kita sadari namanya, yakni ketika siang hari yang panas di jalan raya, seolah-olah kita melihat genangan air diatas aspal tersebut. tetapi begitu didekati, tidak ada genangan air apapun disitu.

Kejadian itu terjadi karena terik matahari telah membuat aspal menyerap panas sehingga membuat lapisan udara yang paling dekat dengan aspal bersuhu lebih tinggi daripada lapisan udara di atasnya. Itulah sebagian kecil contoh dari fatamorgana dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita temui.

Fenomena fatamorgana sering membuat orang tertipu, sehingga timbul ilusi atau penampakan yang sebenarnya tidak ada.

Itulah sebagian kecil yang bisa saya sampaiakn tentang fatamorgana dan kejadian yang bisa dikaitkan dengan fatamorgana, saya harap bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Baca Juga : Pengertian Kalimat Imperatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *