Pengertian Distribusi: Fungsi, Jenis-Jenis dan Contoh Distribusi

Pengertian Distribusi: Fungsi, Jenis-Jenis dan Contoh Distribusi – Tahukah anda pengertian distribusi? Secara umum, distribusi adalah kegiatan mengirimkan barang dari produsen ke konsumen. Tujuannya ialah, supaya barang atau produk beredar luas dan dikenal masyarakat (konsumen).

Selain itu, ada yang mengartikan distribusi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempermudah suplai produk perusahaan (produsen) ke masyarakat pemakai (konsumen).

Jenis-Jenis Distribusi

Berdasarkan pengertiannya, kegiatan distribusi terbagi menjadi dua jenis, yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Ini dia penjelasannya:

  1. Distribusi Langsung

Distribusi langsung adalah kegiatan penyaluran barang yang dilakukan oleh pihak produsen sendiri. Artinya, produk tetap sampai kepada konsumen sekalipun tidak menggunakan agen atau pihak ketiga.

  1. Distribusi Tidak Langsung

Distribusi tidak langsung adalah proses penyaluran barang dari produsen ke konsumen melalui agen atau perantara. Pihak ini sering disebut distributor yang bisa berupa perusahaan khusus atau jasa antar individu.

Contoh Distribusi

  1. Contoh Distribusi Langsung

Contoh: petani langsung menjual hasil pertaniannya ke pelanggan tanpa perantara.

  1. Contoh Distribusi Tidak Langsung

Contoh: Industri ban mobil dan motor biasanya tidak langsung menjajakan produknya ke konsumen, melainkan masih menggunakan agen untuk menjualkannya ke pelanggan.

Fungsi Distribusi

Kegiatan distribusi lumrah dilakukan oleh pemilik produk karena memiliki fungsi tertentu. Ini dia fungsi-fungsi tersebut, yaitu:

  1. Pembelian Produk

Setiap produk yang dihasilkan produsen harus dibeli oleh masyarakat banyak. Baik yang dekat maupun yang jauh. Maka dari itu, dibutuhkan distribusi, agar masyarakat lebih mudah membeli produk tersebut.

  1. Klasifikasi Produk

Fungsi distribusi selanjutnya adalah cara untuk mengklasifikasi produk. Sehingga pihak produsen tidak kebingungan untuk menilai, mana produk yang baru di produksi dan mana produk yang tinggal antar.

  1. Promosi Produk

Kegiatan distribusi dilakukan juga demi keperluan promosi. Karena jika barang dibiarkan di perusahaan, tentu tidak akan ada orang yang tahu kelebihan produk tersebut.

Demikian penjelasan ringkas tentang kegiatan distribusi. Semoga bisa menambah wawasan anda terkait bisnis niaga dan strateginya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *