Pengertian dan Sistem Tata Surya

Pengertian dan Sistem Tata Surya – Pengertian dari tata surya yaitu kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang yang disebut dengan Matahari atau surya dan dikelilingi oleh objek-objek lain yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Objek yang mengelilingi matahari terdiri dari planet-planet, planet kerdil, satelit alami, serta benda langit lainnya seperti meteor, asteroid, komet, dan lain-lain. Bumi yang kita tempati ini termasuk ke dalam salah satu planet yang berputar mengelilingi matahari.

Sistem Tata Surya

Tata surya bisa dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya Matahari, empat planet dalam, sabuk asteroid, empat planet luar, dan di bagian terluarnya terdapat Sabuk Kuiper dan piringan terbesar. Ada pula Awan Oort yang diperkirakan berada di daerah terjauh tata surya.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai sistem tata surya atau komponennya berdasarkan urutan letaknya dari matahari:

  • Matahari

Matahari merupakan pusat dari sistem tata surya. Bintang ini memiliki gaya gravitasi yang sangat besar sehingga bisa menarik benda-benda langit lainnya untuk mengelilingi Matahari.

  • Planet dalam

Planet merupakan benda angkasa yang tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri dan beredar mengelilingi matahari. Planet yang tergolong ke dalam planet dalam yaitu planet-planet yang berada di antara matahari dan sabuk asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

  • Sabuk asteroid

Asteroid adalah objek angkasa yang terdiri dari batuan dan logam mineral beku. Sabuk asteroid utama terletak di antara orbit planet Mars dengan planet Jupiter. Sabuk asteroid ini diperkirakan sebagai sisa bahan-bahan pembentuk Tata Surya yang gagal untuk menggumpal karena adanya pengaruh gravitasi planet Jupiter.

  • Planet luar

Planet yang tergolong ke dalam planet dalam luar planet-planet yang berada di luar matahari dan sabuk asteroid, yaitu planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

  • Planet kerdil

Planet kerdil adalah planet-planet yang berukuran kecil dan tidak memiliki orbit yang jelas. Contohnya adalah Pluto, Eris, dan Ceres.

  • Komet

Komet adalah benda langit dengan orbit yang berbentuk lonjong dan tersusun dari kristal es rapuh sehingga menimbulkan cahaya saat melintas dekat matahari.

  • Satelit

Satelit adalah benda angkasa yang mengitari benda langit lainnya seperti planet

  • Meteor

Meteor adalah serpihan benda padat yang berasal dari benda langit lainnya yang terpengaruh gravitasi bumi sehingga bisa melesat dan terbakar ke arah bumi.

Baca Juga : Pengertian Planet Bumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *