Pengertian dan Sejarah Zaman Batu

Pengertian dan Sejarah Zaman Batuketika mendengar zaman batu,pasti yang pertama kalian ingat adalah tentang manusia purba, pitecantropus erektus,homo sapiens dan sahabat-sahabatnya. terlepas dari itu bagaimana sih sejarah dari zaman batu?, kali ini saya akan mengulas sedikit tentang pengertian dan sejarah zaman batu.

Pengertian zaman batu adalah bagian dari zaman prasejarah dimana pada masa itu semua peralatan terbuat dari batu.

zaman batu terbagi menjadi beberapa bagian,yakni zaman batu tua (paleolithicum), zaman batu madya (mesolithicum),zaman batu muda (neolithicum).

1. zaman batu tua

ciri-cirinya adalah semua peralatan terbuat dari batu. alat-alat yang digunakan adalah kapak genggam,kapak perimbas dan alat serpih.manusia mencari makan dengan cara meramu dan berburu, tempat tinggal masih nomaden atau berpindah-pindah dan masyarakatnya belum mengenal seni.

2. zaman batu madya

ciri-cirinya adalah peralatan terbuat dari batu,peralatan sama dengan zaman batu tua yakni kapak gengganm,kapak perimbas dan alat serpih. mencari makan dengan berburu dan meramu serta tenpat tinggal masih nomaden. tetapi dalam masa ini,masyarakatnya sudah mengenal seni dibuktikan dengan lukisan-lukisan yang berada di dinding-dingding gua.alat yang digunakan adalah kapak sumatra.

3. zaman batu muda atau neolithicun

pada zaman ini merupakan zaman revolusi dari zaman prasejarah, peralatan sudah dihaluskan diberu tangkai atau pegangan,alat yang digunakan adalah kapak persegi dan kapak lonjong. pakaiannya berasal daru kulit kayu,dan juga sudah menggunakan perhiasan yang terbuat dari batu dan manik.tempat tinggal sudah menetap dan sudah menganut kepercayaan animisme dan dinamisme

4. zaman batu besar (megalithicum)

hasil kebudayaan kebanyakan terbuat dari batu-batu yang berukuran besar.contoh hasil budayanya adalah menhir, dolmen, waruga, sarkofagus, dan punden berundak

itulah sedikit ulasan tentang zaman batu agar kita bisa mengetahui dan mengenal  bagaimana sejarah kita dahulu, dari yang tidak mengenal apapun, misal dulu yang hanya menggunakan peralatan sederhana seperti batu saja sampai sekarang yang alat-alatnya sudah serba canggih dan modern. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan bisa menjadi referensi dalam mencari informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *