Pengertian dan Penyebab Akulturasi

Pengertian dan Penyebab AkulturasiPengertian Akulutrasi secara umum diartikan sebagai uatu proses sosial dalam masyarakat dimana terjadi interaksi antara dua budaya yang berbeda sehingga mengakibatkan terbentuknya budaya baru, akan tetapi unsur dan sifat budaya yang asli masih tetap ada.

Adapun pendapat lain yang menyatakan tentang pengertian akulturasi adalah proses sosial di mana seseorang atau kelompok dari suatu budaya tertentu mengadopsi praktik dan nilai-nilai budaya lain yang berbeda dengan budaya yang dimilikinya, namun seseorang atau kelompok ini masih tetap mempertahankan budaya mereka sendiri.

Adapun pengertian akulturasi menurut para ahli dapat dilihat pada poin-poin berikut ini :

  1. Jhon W Berry (2005) : suautu proses perubahan budaya dan psikologis yang terjadi sebagai akibat terjadinya kontak antara dua kelompok atau lebih dan anggota masing-masing kelompok.
  2. Muhammad Hasyim (2011) : perpaduan dua budaya yang berbeda dalam kehidupan yang harmonis dan damai.
  3. Koentjaraningrat : sebuah proses sosial dimana masuknya kebudayaan asing secara perlahan dapat diterima tanpa menghilangkan kebudayaan asli suatu masyarakat.

Faktor-faktor Penyebab Akulturasi

Setelah mengetahui pengertian akulturasi, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya akulturasi, yaitu :

  1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor-faktor penyebab terjadinya akulturasi yang bersumber dari dalam masyarakat itu sendiri. Beberapa faktor internal yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Penduduk yang semakin bertambah atau berkurang karena adanya kelahiran, kematian, dan migrasi.
  • Adanya temuan-temuan baru di berbagai bidang yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.
  • Adanya proses penyempurnaan (inovasi) terhadap penemuan-penemuan baru sehingga menambah atau mengganti sesuatu yang (sudah lama) ada di masyarakat.
  • Terjadinya konflik┬ádi dalam masyarakat, baik konflik antar individu maupun konflik antar kelompok.
  • Terjadinya pemberontakan atau revolusi pada suatu negara.
  1. Faktor Eksternal

Adapun yang dimaksud faktor eksternal adalah faktor-faktor penyebab terjadinya akulturasi yang bersumber dari luar masyarakat tersebut. Beberapa faktor eksternal yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Terjadinya perubahan alam yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.
  • Terjadinya peperangan pada suatu negara.
  • Adanya pengaruh kebudayaan asing melalui proses difusi (penyebaran budaya), akulturasi, dan asimilasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *