Pengertian dan Macam Sumber Air

Pengertian dan Macam Sumber Air – Baik kali ini kita akan sedikit menyinggung mengenai sumber air, ngomongin soal air kita sudah tahu bahwa Indonesia ini sebagian besar dipenuhi oleh lautan maka dari itu negara Indonesia juga disebut sebagai negara maritim, yang memang lautan di Indonesia itu sangat luas sekali, maka dari itulah lautan di Indonesia juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber air bagi kehidupan masyarakat, dan juga masih banyak sumber air lainnya yang bisa dimanfaatkan, lalu apa itu sumber air? Mari simak ulasan berikut.

Air merupakan sumber daya yang paling penting di bumi, air sendiri sangat bermanfaat bagi keberlangsungan makhluk hidup di bumi seperti tumbuhan, hewan, dan juga manusia. Selain untuk kebutuhan hidup manusia, banyak industri juga membutuhkan air untuk berbagai keperluan dalam ekonomi global. Banyak juga manusia berbondong-bondong membuat pipa, bendungan dan semacamnya, untuk memenuhi kebutuhan lokal mereka seperti dalam bertani.

Walaupun begitu kita sebagai mahluk hidup yang diberikan akal, kita harus bisa bijak dalam penggunaan air ini, dimulai dari hal yang terkecil yaitu dari diri kita sendiri, seperti misalnya tidak boros dalam penggunaan air dirumah, walaupun jumlah air dibumi menanglah sangat banyak, namun penggunaan yang bijak bisa membuat keberlangsungan makhluk hidup terus berjalan dari waktu ke waktu.

Macam-Macam Sumber Air

  • Air Permukaan

Karena penuhnya kapiasitas dari infiltrasi tanah, beberapa air tidak terserap ke tanah dan mengalir di sungai kecil ke danau hingga ke sungai besar yang pada akhirnya bermuara di lautan dan kembali mengalami sebuah siklus dimana itu akan terus berulang-ulang. Air hujan yang kemudian jatuh ketanah akan mengalir bergerak secara horizontal, disebut limpasan permukaan karena tidak terserap oleh tanah karena adanya gravitasi yang kemudian menjadi genangan air, atau bermuara di danau, sungai hingga lautan, siklus tersebut dinamakan hidrologi dan akan terus berulang-ulang.

  • Air Tanah

Adalah sumber daya air yang berasal dari dalam tanah, orang orang banyak membuat pompa air, atau Sumut untuk memanfaatkan sumber daya tersebut.

Itu saja untuk artikel kita kali ini semoga bermanfaat dan bisa membantu, terimakasih.

Baca : Contoh Efek Rumah Kaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *