Pengertian dan Jenis Waralaba

Pengertian dan Jenis Waralaba – Untuk tema bisnis dan niaga kali ini, kami akan menjelaskan tentang waralaba. Kupasannya seputar pengertian umum dan menurut ahli. Sedangkan di akhir nanti, kami jelaskan pula tentang jenis-jenisnya. Sehingga pembaca mendapatkan pemahaman yang utuh.

Pengertian Waralaba

Pengertian Waralaba adalah istilah bisnis yang populer di dunia. Di Prancis dengan Franchise. Sedangkan di Ingris dan sekitarnya disebut Franchaising. Makna dari bahasa di atas adalah sebuah hak perusahaan untuk menjual produk dan jasa.

Sedangkan pengertian yang lebih tepat adalah waralaba merupakan kerjasama niaga. Yang dilakukan oleh pemilik dengan penerima dengan perjanjian kesepakatan tertentu.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

  1. Douglas J. Queen

Queen menyatakan waralaba adalah suatu strategi untuk meluaskan promosi produk dan jasa. Yang mana franchise atau pembeli produk akan menjualkan kembali ke konsumen dengan harapan nama besar perusahan waralaba menjadi pelaris dagangan.

  1. Rooseno Harjowidigdo

Sedangkan menurut Rooseno, waralaba adalah sebentuk kerjasama dagang. Tujuannya ialah untuk mengembangkan usaha di tempat tempat tertentu yang berbeda.

  1. Dominique Voillemont

Menurut Dominique, waralaba adalah strategi pemasaran produk dalam bentuk kerjasama antar perusahaan. Yang satu berperan sebagai pemilik produk yang satu berperan sebagai pembeli.

Jenis-Jenis Waralaba

  1. Waralaba Produk

Waralaba produk adalah kegiatan kerjasama antara dua perusahaan dalam bentuk membeli dan memasarkan produk. Seperti KFC dan kebab Turki.

  1. Waralaba Jasa

Sedangkan waralaba jasa adalah kebalikan dari waralaba produk. Yaitu, kerja sama pemilik produk dengan franchiser dalam rangka menjualkan jasa seperti travel, jasa perjalanan dan lain lain.

  1. Waralaba Luar Negeri

Waralaba luar negeri adalah jenis waralaba yang lebih populer dan mendunia. Biasanya, produk yang ditawarkan memiliki merek besar, sistem manajemen perusahaan pemilik juga bagus dan bonafide.

  1. Waralaba Dalam Negeri

Waralaba dalam negeri banyak ditemukan di Indonesia. Biasanya ini dilakukan oleh usahawan muda yang kuat dari segi modal tetapi minim ilmu bisnis.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan jenis waralaba. Silakan dipelajari lebih tekun sebelum anda memulai aktivitas berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *