Pengertian dan Fungsi PBN

Pengertian dan Fungsi PBN – PBN (Private Blog Network) atau yang biasa dikenal dengan Jaringan blog pribadi adalah suatu cara membangun backlink dalam upaya meningkatkan SEO suatu website.

PBN dengan kata lain, dapat diartikan sebagai kumpulan domain web yang sudah kadaluwarsa yang mana kita memiliki otoritas secara penuh terhadap pengelolaan web tersebut.

PBN dibuat dari domain kadaluwarsa yang telah memiliki backlink yang tinggi dimana nantinya diarahkan menuju situs web kita pribadi.

Jadi secara singkat, PBN itu dapat diartikan layaknya anda membeli sebuah barang bekas yang dapat digunakan untuk perkembangan bisnis anda pribadi.

PBN berasal dari web yang telah kadaluwarsa (expired domain) dan anda memiliki kelola penuh terhadap web tersebut kemudian anda mengoptimalkannya dengan menambah backlink ke situs website anda pribadi.

PBN memberikan referensi ke website utama anda melalui pembangunan backlink yang berkualitas, biasanya ini banyak digunakan oleh para digital marketer, sehingga web utama anda akan memuncaki rating teratas mesin pencari google.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa konten yang anda buat memiliki relevansi dengan website utama anda, sehingga google melihatnya sebagai suatu afiliasi website dari web utama anda, bukan sebagai sebuah Spam.

PBN ini sebenarnya memiliki manfaat PBN penting dalam hal membangun SEO website dan perkembangan bisnis anda. Dimana dengan adanya PBN dapat dengan mudah menaikkan peringkat website utama anda, namun tentu ada risiko bila google mengetahui PBN ini, maka website anda dapat pula dikenakan penalty, karena sebenarnya tindakan PBN ini merupakan bentuk dari ‘mencurangi’ algoritma yang dimiliki oleh google, sehingga pengemasannya harus benar-benar diperhatikan dalam pembuatan PBN.

Konten yang dibuat dalam website yang dijadikan PBN haruslah benar-benar relevan dan tidak asal-asalan, domain yang dipilih untuk dijadikan PBN pun harus memiliki PA, DA yang tinggi, sehingga pihak google juga tidak akan mencurigai website PBN tersebut dan lebih baik dibuat dengan tulisan sendiri yang memiliki orisinalitas tinggi.

Manfaat lainnya tentu dengan semakin tingginya peringkat website utama anda dalam mesin pencari google, maka akan semakin banyak pengunjung yang kemungkinan akan menjadi pembeli potensial bagi bisnis yang anda kembangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *