Pengertian dan Definisi Kebutuhan Primer

Pengertian dan Definisi Kebutuhan Primer – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari manusia harus dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Tujuannya agar supaya ia bisa bertahan hidup. Akan tetapi, pada kenyataanya alat pemenuh kebutuhan ternyata jumlahnya terbatas yang tidak berbanding lurus dengan kebutuhan manusia.

Maka dari itu, manusia harus mulai bisa mengelompokkan jenis kebutuhan hidupnya tersebut berdasarkan apa yang paling mereka butuhkan. Pada dasarnya, terdapat 3 jenis kebutuhan, yakni kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Ketiganya memang termasuk kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh setiap manusia.

Namun tidak semuanya bersifat wajib alis harus benar-benar terpenuhi, kecuali yang masuk pada kategori kebutuhan primer. Di bawah ini akan kami jelaskan apa saja pengertian dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

  1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer dinamakan juga sebagai kebutuhan pokok atau utama. Ia merupakan kebutuhan yang harus dan wajib dipenuhi untuk bisa melanjutkan hidupnya. Kebutuhan primer juga merupakan kebutuhan pertama yang harus dipenuhi sebelum mulai memikirkan kebutuhan yang lainnya.

Beberapa contoh yang sering kita tahu dari kebutuhan pimer adalah beras, jagung, rumah, pakaian, dan lain sebagianya. Bisa Anda bayangkan jika manusia tidak memenuhi kebutuhan primernya, bisa dipastikan ia hanya tinggal nama saja alias mati.

  1. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi namun setelah manusia bisa dan selesai memenuhi kebutuhan primernya. Bisa diartikan bahwa kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan tambahan yang berguna sebagai penunjang dari kebutuhan primer tersebut. Maksudnya, kebutuhan sekunder akan berperan sebagai pelengkap.

Setiap orang cenderung memiliki kebutuhan sekunder yang berbeda. Di bawah ini beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut.

  • Faktor gaya hidup atau psikologi
  • Faktor tempat tinggal atau lingkungan
  • Faktor tradisi yang diterapkan di daerah tersebut

Beberapa contoh kebutuhan sekunder seperti televisi, handphone, PlayStasion, kamera, dan lain-lain.

  1. Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh setiap manusia. Namun kebutuhan ini ada setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi terlebih dahulu. Kebutuhan tersier erat kaitannya dengan kebutuhan mewah dan terkenal sebagai jenis kebutuhan prestisius.

Beberapa contoh yang termasuk kebutuhan tersier seperti mobil sport, perhiasan, vila, hotel, dan lain sebaginya.

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *