Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melinjo

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melinjo – Yang dimaksud dengan tanaman melinjo / gnetum gnemon adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam kelompok gymnospermae / biji tertutup yang berasal dari Asia Tropik, Melanesia dan Pasifik Barat. Tanaman ini termasuk ke dalam famili gnetaceae yang menyimpan beragam jenis sebutan atau panggilan berdasarkan atas daerah budidaya masing – masing.

Tanaman melinjo di Pulau Jawa dikenal dengan sebutan mlinjo atau belinjo, sedangkan orang Sunda menyebutnya dengan buah tangkil, orang Melayu mengenal buah yang satu ini dengan nama mango sedangkan di Kamboja disebut khalet dan daerah – daerah lainnya tergantung wilayah penanaman dan budidaya melinjo bersangkutan. Berdasarkan pakar botani, tanaman melinjo ini bisa diklasifikasikan, morfologi dan deskripsi diantaranya adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Melinjo

Dibawah ini merupakan penjelasan klasifikasi melinjo dibawah ini :

  • Kingdom : Plantae / tumbuhan
  • Divisi : Spermatophyta / tumbuhan berbiji
  • Sub divisi : Gymnospermae / tumbuhan berbiji terbuka
  • Kelas : Gnetinae
  • Sub kelas : Gnetidae
  • Ordo : Gnetales
  • Famili : Gnetaceae
  • Genus : Gnetum
  • Spesies : Gnetum Gnemon / Melinjo

Baca Juga : Perbedaan Sintesis Protein

Morfologi Tanaman Melinjo

Morfologi pada tanaman melinjo dapat dilihat berdasarkan atas ciri – ciri tanaman melinjo diantaranya adalah sebagai berikut :

1/Morfologi Akar

Akar tunggang bersifat merayap kepermukaan yang memiliki warna kecoklatan hingga keabu – abuan gelap dan mampu menembus kuat ke dalam tanah sekitar rata – rata 3 s/d 5 meter bahkan lebih yang mana perakaran ini bermanfaat untuk menyokong tanaman agar menjadi lebih kuat dan membantu menyerap unsur – unsur air dalam tanah.

2/Morfologi Batang

Tanaman melinjo memiliki batang berbentuk bulat memanjang dengan diameter rata – rata berukuran antara 10 s/d 20 cm bahkan lebih yang mampu tumbuh tegak dengan panjang bisa mencapai ukuran 15 s/d 20 meter dan permukaan batang terlihat merata. Batang – batang tanaman ini mempunyai percabangan monopodial yaitu batang terlihat jelas, besar dan panjang pada pertumbuhan cabangnya.

3/Morfologi Daun

Daun pada tanaman ini memiliki sifat tunggal berbentuk bulat oval yang terdiri dari beberapa helai daun dengan tepi merata dan kondisi daun saling duduk berhadapan serta memiliki pertulangan menyirip. Selain itu bagian dalam daun akan memiliki serabut halus berwarna keputihan.

4/Morfologi Bunga

Bunga tanaman melinjo bersifat tidak sempurna yang terpisah antara bunga jantan dengan bunga betina yang mana bunga jantan terdiri dari benang sari dan bunga betina terdiri dari karangan bulir. Pada umumnya dalam penyerbukan ini tidak dilakukan secara langsung namun membutuhkan bantuan dari angin maupun hewan – hewan sekitarnya.

5/Morfologi Pada Biji

Biji – biji melinjo bersifat terbuka dengan lapisan luar yang keras dan selaput dalam dilindungi dengan tandan bunga yang berdaging dan biji – biji berwarna hijau muda kalau belum matang dan sudah matang akan berwarna kemerahan tua.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman melinjo, semoga bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih.

Baca Juga : Cara Perawatan Tanaman Kelapa Sawit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *