Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melati

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melati – Yang dimaksud dengan bunga melati adalah salah satu tanaman hias herbal yang hingga saat ini masih menjadi idaman bagi masyarakat khususnya kaum perempuan dan ibu – ibu rumah tangga karena memiliki aroma yang harum di sepanjang hari terutama [ada waktu malam hari dengan bentuk bunga yang cantik yaitu putih bersih.

Pada awalnya tanaman ini hanya ditemukan di wilayah Eropa saja tepatnya di negara Italia sekitar tahun 1692 dimana seiring dengan berjalannya waktu maka daerah pesebaran menjadi semakin luas hingga tahun 1665 sudah ditemukan di wilayah India Barat Laut dan pada tahun 1923 bunga ini sudah dibudidayakan lebih banyak oleh negara Inggris. Hingga kini dicatat ada sekitar lebih dari 200 jenis bunga melati yang menyebar berkembang biak ke seluruh dunia dimana beberapa diantaranya cukup sering dibudidayakan dan beberapa lagi yang lain diantaranya dijadikan sebagai tanaman hias.

Tanaman bunga melati adalah salah satu jenis tanaman yang dikabarkan bisa tumbuh di berbagai kondisi suatu tempat, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 1500 mpdl. Adapun tingkat adaptasi dari masing – masing varietas bunga melati ini berbeda – beda tergantung dari lingkungan yang dijadikan media untuk tanam dan budidaya tanaman bunga melati. Yang mana hal tersebut menyebabkan beberapa dari varietasnya tidak dapat tumbuh di suatu tempat.

Meskipun termasuk ke dalam kelompok tanaman budidaya pada beberapa tempat kadang – kadang dijumpai tanaman bunga melati hutan yang liar namun ternyata memiliki potensi yang besar apabila dimanfaatkan secara benar. Berikut di bawah ini kami akan berikan klasifikasi dan morfologi tanaman bunga melati akan dijelaskan dengan singkat tersebut di bawah ini.

Klasifikasi Dari Tanaman Melati

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Oleales
  • Famili : Oleaceae
  • Genus : Jasmimum
  • Spesies : Jasminum Sambac L.

Dari data – data tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa bunga melati merupakan salah satu pengelompokan tumbuhan yang didasarkan pada divisi spermatophyte dengan kelas dicotyledonae yang sama – sama satu kelas dengan bunga mawar.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melinjo

Morfologi Pada Tanaman Bunga Melati

1/Morfologi Tanaman Bunga Melati Pada Bunga

Morfologi melati pada Bunga awalnya berbentuk menyerupai terompet berukuran kecil – kecil namun umumnya akan berwarna merah tua semburat putih bersih pada saat masih berupa kuntum sebelum pada akhirnya mekar namun dengan satu warna saja yaitu menjadi putih tetapi tidak menutup kemungkinan memiliki warna lain tergantung dari jenis dan spesiesnya. Lalu akan mengeluarkan aroma wangi di sepanjang malam dan menjadi berkurang ketika hari memasuki siang, ada juga beberapa jenis bunga melati yang tidak memiliki aroma harum terlalu menyengat hanya samar – samar saja namun jarang ada yang membudidayakan.

Masing – masing bunga melati memiliki susunan mahkota yang berbeda – beda yaitu bisa tunggal dan bisa juga ganda. Dari sini bisa disimpulkan bahwa bunga melati merupakan bunga majemuk yang bersifat sama seperti morfologi bunga mawar dimana susunan bunganya menyirip secara berhadap – hadapam.

2/Morfologi Daun Pada Tanaman Bunga Melati

Daun yang melekat pada bunga melati ini memiliki bentuk bulat oval yang pada umumnya memiliki panjang dayn sekitar 2 s/d 10 cm lalu lebar sekitar 1,5 s/d 6 cm yang sangat tergantung dari jenisnya. Bagian daunnya memiliki tepi agak merata dan sedikit bergelombang dengan posisi menyirip seperti yang telah disinggung sebelumnya. Dimana pangkal daun memiliki bentuk setengah lingkaran. Permukaan daun tanaman bunga melati terlihat cerah mengkilap seperti kaca. Adapun daun batangnya mempunyai kedudukan yang saling berhadapan sama seperti halaman buku.

3/Batang Pada Tanaman Bunga Melati

Batang dari tanaman bunga melati merupakan jenis semak – semak dengan memiliki ketinggian kurang lebih 5 m yang mana batang tanaman ini mempunyai warna coklat seperti pada umumnya bentuk batang yang bulat bahkan hingga segi empat dengan memiliki banyak cabang. Selain itu permukaan batangnya mempunyai bulu – bulu halus dengan presentase mencapai 10 persen yang artinya sangat jarang dijumpai di setiap tanaman bunga melati yang timbuh di lingkungan sekitar anda. Batang – batang dari tanaman ini tergolong lentur dan mudah patah sehingga memudahkan mereka untuk memetiknya.

4/Akar Pada Tanaman Bunga Melati

Tanaman bunga melati merupakan tanaman yang bersifat perennial yaitu tanaman ini dapat tumbuh dengan subur lebih dari setahun dan memiliki ketinggian sekitar 0,5 s/d 2 meter sehingga membutuhkan sistem perakaran yang kuat. Adapun akar yang dimiliki oleh tanaman ini merupakan jenis akar tunggang dan bercabang – cabang dimana akar ini diperkirakan mampu menopang tanaman hingga ketinggian sekitar 5 m. Cabang – cabang yang terdapat pada akar bunga melati akan menyebar ke berbagai arah hingga mencapai kedalaman antara 40 s/d 80 cm jika dihitung dari akar mulai di atas permukaan tanah. Yang perlu difokuskan adalah bahwa akar dari bunga melati ini dapat memunculkan tunas bunga melati yang baru.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman melati, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sukun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *