Kandungan dan manfaat tanaman Tempuyung

Dalam pengunaan dan pemanfaatan, tempuyung bisa diramu sebagai bahan tunggal ataupun dicampurkan dengan berbagai macam tanaman obat lain. Prinsipnya, menurut pak Ir. Winarto, ahli tanaman obat klinik Karyasari, penggunaan tanaman tempuyung sebagai ramuan haruslah dilandasi pengertian bahwa sifatnya itu hanya membantu untuk mengurangi derita suatu penyakit tertentu saja. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa penggunaan ramuan dalam jangka waktu lama akan bisa memasimalkan khasiatnya.

Kandungan kimia

Kandungan tempuyung antara lain adalah inositol, manitol, lactucerol, flavonoid, silica, taraksasterol, dan kalium.

Daun tempuyung telah teruji mengandung kalium yang cukup tinggi, zat silica merupakan  zat yang bermanfaat dan mampu membantu menghancurkan batu pada kandung kemih, dan zat flavonoid yang terkandung pada tempuyung juga teruji berkhasiat sebagai zat antiradang

Dasar pemakaian ramuan herbal tempuyung

Secara umum, ramuan tempuyung dimanfaatkan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan cara memakannya secara langsung sebagai lalapan, ataupun minuman dengan memanfaatkan air rebusan daunnya dan menggunakanya sebagai ramuan dengan cara ditambahankan beberapa bahan tertentu.

Sebagai lalapan untuk menemani santap makan

Anda dapat mengambil sekitar kurang lebih lima lembar ataupun lebih daun tempuyung segar. Setelah tempuyung dicuci, daun diasapkan sebentar, lalu dimakan sekaligus sebagai lalap bersama hidangan utama semisal nasi. Dalam sehari penuh kita dapat menyantap lalapan itu sebanyak tiga kali sehari untuk mengoptimalkan penyerapan tubuh akan manfaat tempuyung nya.

Baca Juga :

Sebagai rebusan untuk air jamu untuk penyakit batu ginjal

Ambilah dua lembar daun herbal tempuyung kering lalu diseduh dengan air segelas seperti saat menyeduh the. Kemudian minum ramuan hasil seduhan tersebut sebagai obat. Dalam satu hari kita dapat meminumnya sejumlah tiga kali, hingga batu ginjal yang kita derita hilang.

Ramuan-ramuan untuk alternatif penyembuh lain

Ramuan untuk membantu penyembuhan penyakit Mastitis 

Bahan untuk membuat ramuan: 15 gram daun tempuyung serta 2 gelas air. Tambahkan madu secukupnya dengan tujuan untuk mengurangi rasa pahit.

Cara pembuatan ramuan: Rebus daun tanaman tempuyung sampai airnya tersisa satu gelas. Cara pemakaian ramuan adalah dengan menambahkan madu kemudian diminum selagi hangat.

Ramuan Untuk membantu penyembuhan Penyakit Bisul 

Bahan untuk membuat ramuan: Batang dan daun tempuyung sejumlah 5 hingga 10 lembar, serta Air bersih secukupnya.

Cara pembuatan ramuan: Daun dan batang tanaman tempuyung dicuci bersih, kemudian ditumbuk atau digiling-giling halus dan diperas untuk kemudian diambil air hasil perasannya.

Cara pemakaian ramuan: Air perasan tadi dioleskan ke tempat yang sakit.

Kandung kencing dan batu empedu

Bahan untuk membuat ramuan: 5 lembar daun tempuyung serta parutan kelapa secukupnya

Cara pembuatan ramuan herbal: Setelah semua bahan dicuci lalu diasapkan sebentar. Kemudian dicampurkan dengan beberapa parutan kelapa seperti halnya saat membuat urap.

Cara pemakaian ramuan: Ramuan tadi dapat dimakan bersama nasi  dan lauk pauk sebagai lalapan dan ia dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari

Membantu penyembuhan Darah tinggi 

Bahan ramuan: Siapkan 5 sampai 8 lembar daun tanaman tempuyung beserta  parutan kelapa secukupnya. Serta siapkan pula belimbing wuluh secukupnya sebagai bahan campuran

Cara pembuatan ramuan: Daun tanaman tempuyung dicuci kemudian diasapkan sejenak kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Lalu belimbingnya dapat dipotong dengan ukuran kecil-kecil sebagai campuran lalapan.

Cara pemakaian ramuan: Dimakan sedikit demi sedikit sebagai campuran nasi. Dan untuk lalapan ia bisa dikonsumsi 3 kali sehari

Membantu penyembuhan Kegemukan (obesitas).

Bahan ramuan: Daun Tempuyung sejumlah 4 lembar, Air 100 ml.

Cara pembuatan ramuan: Semua bahan tersebut direbus hingga mendidih.

Cara pemakaian ramuan: Diminum untuk sekali minum. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya selama 21 hari.

Itulah manfaat dan khasiat yang bisa kita peroleh jika kita mengkonsumsi tanaman tempuyung. Semoga kamu yang sedang mencari alternative penyembuhan penyakit melalui tanaman herbal dapat terbantu dengan adanya artikel ini.

Terimakasih telah berkunjung ya..

See you next post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *