Fungsi dan Contoh Badan Usaha

Fungsi dan Contoh Badan Usaha – Baik kali ini kita akan membahas mengenai badan usaha, tentu kita semua sudah sering mendengar istilah badan usaha dan sedikitnya sudah mengetahui, badan usaha sendiri merupakan kesatuan yuridis serta ekonomis, dari hal-hal serta faktor-faktor tersebut badan usaha bertujuan untuk mencari laba atau memberikan sebuah layanan pada masyarakat umum. Dikatakan kesatuan yuridis karena badan usaha umumnya berbadan hukum, dan dikatakan kesatuan ekonomis karena faktor-faktor produksi badan usaha terdiri atas sumber daya alam, modal, dan tenaga kerja yang semuanya dikombinasikan untuk mencari laba serta memberi pelayanan pada masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak orang yang mengatakan badan usaha itu sama seperti sebuah perusahaan, tidak salah memang banyak orang beranggapan seperti itu karena keduanya merupakan suatu kesatuan dalam melaksanakan kegiatan, namun antara keduanya jelas memiliki perbedaan, di mana badan usaha sendiri merupakan sebuah kesatuan yuridis dan ekonomis, sedangkan perusahaan merupakan kesatuan teknis dalam hal produksi.

Baca : Tujuan kompensasi

Fungsi dari Badan Usaha

  • Fungsi Komersial

Fungsi yang pertama adalah sebagai fungsi komersial, dimana setiap badan usaha bertujuan untuk menghasilkan sebuah keuntungan, dalam proses pencapaian tersebut setiap badan usaha haruslah menghasilkan produk yang bermutu dan harga yang bersaing

  • Fungsi Sosial

Fungsi yang lainnya adalah sebagai fungsi sosial, tentu tiap-tiap badan usaha akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya dalam hal penggunaan tenaga kerja, namun hendaknya badan usaha lebih mendahulukan masyarakat yang dekat dengan badan usaha tersebut atau bisa disebut zonasi.

  • Fungsi Pertumbuhan Ekonomi

Fungsi yang ketiga adalah sebagai pertumbuhan ekonomi, di mana badan usaha sendiri merupakan mitra dari pemerintah dalam hal pembangunan ekonomi nasional, serta sangat membantu pemerintah dalam hal peningkatan ekspor serta sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pemerataan pendapatan masyarakat.

Contoh dari Badam Usaha

  • BUMN

BUMN atau badan usaha milik negara merupakan badan usaha untuk memberikan modal atau mendanai seluruh seluruh atau sebagian yang dimiliki oleh pemerintah. Saat ini BUMN ada tiga macam yaitu perjan, perum, dan persero.

  • BUMS

BUMN atau Badan Usaha milik swasta adalah badan usaha yang dimiliki oleh swasta, sudah dipastikan bahwa badan usaha satu ini sepenuhnya dikelola oleh pihak swasta.

  • Koperasi

Merupakan sebuah badan usaha yang memiliki prinsip-prinsip kekeluargaan.

Itu saja untuk artikel kita kali ini semoga artikel sederhana ini bisa membantu, terima kasih.

Baca Juga : Pengertian Kebutuhan Sekunder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *