4 Cara Perawatan Tanaman Kelapa Sawit Pada Lahan Gambut

Cara Perawatan Tanaman Kelapa SawitSalah satu cara memanfaatkan lahan yang gambut adalah dengan menanam kelapa sawit. Namun ada syarat yang harus dipenuhi agar kelapa sawit dapat tumbuh dengan optimal di lahan yang gambut, diantaranya adalah :

  1. Pengolahan lahan gambut

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengolah tanah agar dapat menghasilkan tanaman kelapa sawit yang subur.

Caranya adalah dengan mengukur seberapa tebal gambut tersebut. Jika ketebalannya hanya mencapai 50 cm, maka lahan tersebut sudah bisa ditanami bibit sawit secara langsung, namun jika lebih dari 50 cm, maka tanah tersebut harus di padatkan terlebih dahulu agar dapat ditanami pohon kelapa sawit.

Cara melakukan pemadatan adalah dengan menggunakan bantuan dari alat-alat berat yang dapat mengolah lahan dengan lebih baik, yaitu menambahkan olahan tanah mineral pada lahan gambut tersebut. Tujuannya adalah agar meminimalisir tumbuhan yang tumbuh dengan miring.

Baca Juga : Proses Replikasi DNA

  1. Pengelolaan pengairan

Pengeolaan pengairan dilakukan dengan tujuan agar nantinya tanaman kelapa sawit tidak kekurangan air, maupun kelebihan air. Hal tersebut dikarenakan biasanya lahan yang gambut akan lebih mudah menhalami kebanjiran saat musim penghujan.

  1. Frekuensi Pemupukan

Pemupukan dilakukan kurang lebihnya 2 sampai dengan 3 kali dalam satu tahun, tergantung dengan kondisi lahan, dan juga bagaimana pertumbuhan dari kelapa sawit tersebut.

  1. Teknik Pemupukan

Dosis yang diperlukan untuk pemupukan tergantung pada usia dari kelapa sawit tersebut. Selain itu, dosis juga ditentukan berdasarkan kondisi tanaman dan juga kondisi tanah yang ada di lahan gambut tersebut.

Tata cara memupuk sawit pada lahan gambut yaitu pertama gunakan pupuk urea, bisa juga pupuk ZA lalu taburkan kurang lebih  setinggi 30 dari pangkal batang kelapa sawit. Lakukan pemupukan tersebut untuk bibit yang berusia kurang lebih sebulan.

Kedua lakukan pemupukan dengan menggunakan dolomit di sekitar tanaman. Ketiga, gunakan pupuk boron pada bagiab pelepah mulai dari daun kelapa sawit. Terakhir adalah dengan melakukan pemupukan dalam selang waktu kurang lebih dua minggu sekali.

Pengetahuan mengenai teknik begaimana cara memupuk sawit sangat diperlukan, tujuannya adalah agar unsur hara tanah yang sedikit, namun bisa membuat tanaman kelapa sawit dapat tumbuh dengan optimal.

Baca Juga : Perbedaan Sintesis Protein dengan Ekspresi Gen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *