Arti Ambigu Adalah

Arti Ambigu Adalah – Tahu ambigu? makna ambigu adalah suatu kondisi yang menunjukkan sebuah ketidakpastian atau tidak jelas dipahami bahwa membuat bingung atau multitafsir.

Yang lain mengatakan, rasa ambigu adalah kata, frase atau kalimat yang memiliki double / taksa makna, yang membuat keraguan atau ketidakpastian bagi orang lain. Sebuah kata atau frase menjadi ambigu biasanya karena struktur kalimat yang tidak benar, intonasi dan penggunaan polisemi kata.

Ambiguitas terjadi sering dalam penggunaan kata-kata, frase atau kalimat. Untuk anda tentunya dapat menghindari ambiguitas ini maka sebuah kata, tanda baca, dan intonasi, harus sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Pengertian Analogi

Jenis kalimat ambigu

Atas dasar bentuk, frase ambigu dapat dibedakan tiga jenis. Adapun beberapa jenis frase ambigu tersebut ialah:

  1. ambiguitas fonetik

Definisi ambiguitas fonetik adalah ambiguitas yang terjadi karena kata-kata yang diucapkan  memiliki persamaan bunyi. Ambiguitas seperti ini yang sering terjadi saat percakapan sehari-hari.

  1. gramatikal ambiguitas

Definisi ambiguitas gramatikal adalah ambiguitas yang terjadi akibat terbentuknya tata bahasa. Biasanya menghilang ketika ia memasuki semacam ini ambiguitas dalam konteks kalimat.

  1. Ambiguitas leksikal

Definisi ambiguitas leksikal adalah ambiguitas yang terjadi karena kata itu sendiri. Ambiguitas ini adalah bahwa jenis kata yang mempunyai lebih dari satu makna hal tersebut bergantung dari penggunaannya.

Penyebab ambiguitas

Ambiguitas sendiri memang dapat terjadi karena beberapa faktor. Adapun beberapa penyebab frase ambigu  ialah

  1. Morfologi

Faktor morfologi adalah penyebab ambiguitas yang mana memang akan bersumber dari pembentukan kata itu sendiri.

  1. Faktor struktur kata-kata / Sintaks

Faktor Sintaksi adalah penyebab dari ambiguitas ini karena kata-kata dalam satu kalimat.

  1. Faktor Struktural

faktor struktural adalah penyebab dari ambiguitas yang memang akan benar-benar terjadi karena struktur kata dalam kalimat. Tanda baca tambahan dan kata-kata dalam kalimat akan mengubah makna keseluruhan kalimat.

Dengan demikian penjelasan singkat tentang definisi ambigu serta hal lain yang terkait dengan ambigu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Baca Juga : Bunyi Hukum Newton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *